Minggu, 10 Desember 2017

penyakit cacingan dan diare pada anak




PENYAKIT CACINGAN DAN DIARE 



           Pada musim yang tidak menentu ini banyak sekali factor yang bisa menyebabkan kita sakit terutama pada anak – anak. Banyak sekali penyakit yang bisa terjadi seperti batuk, flu, demam hingga cacingan dan diare. Namun penyakit tersebut sering sekali menyerang anak – anak hingga kadang para orang tua kawatir dengan lingkungan anak – anak yang mereka tempati. Penyakit yang biasa di derita kebanyakan anak adalah cacingan dan diare, walau penyakit tersebut tidak begitu beresiko tapi penyakit ini cukup parah dan sangat menggangu perkembangan anak –anak usia dini. 




     1.  PENYAKIT CACINGAN PADA ANAK 
       Cacingan sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak di konsumsi oleh anak – anak. Factor lingkungan dan juga makanan yang di konsumsi dapat menjadi pemicu perkembangbiakan pertumbuhan cacingan di dalam tubuh. Sekurangnya ada empat jenis dari penyakit cacingan diantaranyta cacing kremi , cacing kalung dan cacing cambuk. Semua jenis penyakit cacingan begitu berbhaya karena dapat menimbulkan keluhan penyakit sperti anemia, batuk, badan kurus dll.
    Ciri – ciri anak terkena cacingan diantaranya lesu, lemas, kurus, batuk tak sembuh - sembuh, nyeri pada perut , diare, perut buncit, wajah pucat , pertumbuhan terganggu dll.
     Sebagai orang tua sangat perlu menjaga anaknya agar tidak terkena cacingan seperi mencuci tangan sebelum dan sesudah makan,memotong kuku dengan rapi. Tidak membuang air besar sembarangan. Tidak jajan sembarangan dan selalu menjaga kebersihan. Tidak lupa dengan memberi obat anti cacing pada anak agar mengurani resiko terkena cacingan. 

22.      DIARE

     Diare merupakan kondisi yang ditandai dengan encernya tinja yang di keluarkan dengan frekuensi buang air besar ( BAB). diare terjadi akbiat menkonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri, virus dan parasit. Gejala diare bermacam – macam dimulai dari sakit perut, mengalami keram dan tinja yang terlalu encer. Jika parah , diare bisa berujung kepada dehidrasi. Dehidrasi memliki konsekuensi yang fatal dan berpotensi merenggut nyawa penderita. Maka dari itu penyakit diare ini perlu di cegah dengan cara mencuci tangan sebelum makan, menjauhi makanan dan minuman  yang kebersihannya di ragukan. Utamakan bahan makanan yang segar. Memisahkan makanan yang mentah dari yang matang dan juga selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar